Skip navigation

Arsip untuk ‘ABAP’ Kategori

ABAP

Karirnya ABAPer

Ditulis oleh yasirhn di/pada Mei 7, 2008

“Mas.. sekarang ABAPer masih dibutuhkan nggak?” Itu salah satu pertanyaan yang masuk di blogku.
Sedikit saya sampaikan tulisan tentang karir ABAPer. Semoga bermanfaat.
SAP skrng banyak dipakai di dunia. Di Indonesia saja, sudah ratusan. Padahal negara kita kan belum tergolong negara maju. Gak kebayang deh, berapa banyak perusahaan yg pake SAP di Dunia ini.

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: | Tidak ada komentar »

Belajar ABAP, mulai dari mana?

Ditulis oleh yasirhn di/pada April 24, 2008

Untuk belajar ABAP, memang tidak ada ketentuan yang mutlak, harus memulai dari mana. Ada beberapa alternatif untuk belajar:
  • Beli buku ABAP, ikuti step-by-step. Beli buku yang sederhana dulu. Baru kemudian beli buku yang lebih spesifik dan lebih detil. Kalo beli yang langsung detil, bisa langsung mabok nanti. Contoh buku yang sederhana, adalah seperti buku yang sudah saya publish. Contoh buku yang detil: SAP Netweaver Essentials: ABAP Objects – Abap Programming in SAP Netweaver. Diterbitkan oleh SAPPress. Untuk ABAPer pemula, saya jamin gak nyambung deh kl langsung baca buku ini … he3x.
  • Ikuti trainingnya SAP. SAP punya perwakilan di tiap negara. SAP Indonesia ada di Wisma Kyoe Prince, Sudirman, Jakarta. Di tiap negara, SAP mempunyai partner yang menyediakan training. Di Indonesia, diantara partnernya adalah PT. Asseta. Ini link jadwal trainingnya. Berminat, silahkan telp 57994700 ext 7501 dengan Ibu Erta.
  • Lihat help nya SAP. Bisa ke: http://help.sap.com. Atau dari menu Help – SAP Library kalau dari screen GUI SAP.
  • Sering-sering buka www.sdn.sap.com. Ini adalah web resmi ABAPer yang disediakan oleh SAP. Ada forumnya segala. Sebelum tanya sesuatu, cari keyword yang kamu mau tanyakan di kolom “search”. Dari pertanyaan yang ecek-ecek, sampe yang njelimet ada. Register dulu, free koq.
  • Belajar dari help-nya keyword ABAP. Dari tcode SE38, ada tombol “i”. Tekan tombol itu pelan-pelan. (kalo keras-keras, nanti mousenya rusak. He3x). Semua dokumentasi dari keyword ABAP dijamin ada. Bahkan termasuk perintah yang sudah obsolete.
  • Satu lagi cara yang praktis, minta senior ABAPer untuk mengajar modul SAP di tempat anda. Dengan materi dan durasi yang sama dengan materi standar. Bisa lebih murah, karena ngajarnya kan as freelanch. Memang sih, anda tidak mendapatkan setifikat. Tapi kan ilmunya tetap bisa didapat.

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: | Tidak ada komentar »

Sertifikasi ABAP, perlu kah?

Ditulis oleh yasirhn di/pada April 8, 2008

SAP menyediakan training ABAP, ujiannya, dan juga sertifikasinya sebagai tanda kelulusan. Sertifikasi dikeluarkan setelah kita mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh SAP Indonesia.
Dilihat dari biayanya, memang tidak kecil biaya untuk sertifikasi. Untuk ujian sertifikasi total 700 dolar. Hayo, hitung sendiri berapa kalo di IDR kan. Kalo dibiayai kantor sih, gak usah ditanya. Langsung saja dilaksanakan. Tapi kl biaya sendiri, ya siap-siap saja kehilangan uang kalo gak lulus he3x.

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: , | 1 Komentar »

Berapa sih honor ABAPer?

Ditulis oleh yasirhn di/pada April 5, 2008

ABAP4FoodMenjadi ABAPer sejati, jangan mikirin berapa gajinya dulu. Yang penting pengalamannya. Kalo perlu, gak papa enggak digaji yang penting dapet pengalaman. Nanti setelah pengalaman minimal satu life-cycle project, dijamin gaji bakal nambah. Tapi jangan cepat tergiur dulu. Cari terus pengalaman yang lebih luas dan dalam. Dan suatu saat, setelah anda merasa pengalamannya sudah lebih dari cukup, anda bisa mempertimbangkan. Mana yang lebih ‘menghargai’ anda, perusahaan anda, atau perusahaan lain. Dan selanjutnya, terserah anda … 🙂

Baca entri selengkapnya »

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: , | 1 Komentar »

Berapa cepat anda membuat program?

Ditulis oleh yasirhn di/pada Maret 20, 2008

Seorang functional menanyakan ke Senior ABAPer. Berapa sih, bikin report yg modelnya kayak gini …
Setelah berfikir beberapa saat, dijawab oleh sang senior ABABper: Oh, itu kira2 satu setengah hari selesai (1.5 mandays).
Setelah functional membuat spec, dia memberikan spec tsb ke tim ABAPer. Dan ternyata, udah seminggu lewat program enggak selesai juga. Sehingga sang functional dengan emosinya berkomentar:
Elu buat program begitu aja lama amat sih. Emang susahnya di mana !!!??? Katanya cuma sehari setengah.

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: | 2 Komentar »

Jangan pernah percaya sama ABAPer !!!

Ditulis oleh yasirhn di/pada Maret 13, 2008

NO ABAPIni blog untuk ABAPer. Atau, yang mau belajar ABAP. Tapi kalo ada functional yang sedang baca, saya mau berikan komentar:
Jangan pernah percaya sama ABAPer!

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: , | Tidak ada komentar »

Manajemen ABAP

Ditulis oleh yasirhn di/pada Maret 5, 2008

Sebenernya sih, tugas tim functional itu sebatas proses bisnisnya saja. Kalau mereka sampai mengerti tabel, bagus lah. Tapi itu sudah tehnikal banget. Yang seharusnya dibuat oleh tim functional adalah Functional Spec (FS) / Functional Design (FD). Spec ini harus menggambarkan bagaimana prosesnya berjalan, seperti apa. Spec tidak harus tertulis tabel-tabel yang diperlukan, tapi cukup diberitahu cara kerjanya saja, field-field yang mau ditampilkan (untuk report), tcodenya, dll.

Baca entri selengkapnya »

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: | Tidak ada komentar »

Yang penting prosesnya, bukan tampilannya!

Ditulis oleh yasirhn di/pada Maret 3, 2008

Yang penting prosesnya, bukan tampilannya!
Pekan lalu saya ditanya tentang table control. Ada seorang ABAPer buat table control. Udah berjalan baik. Tapi sewaktu dia tambahin fasilitas add, semuanya jadi berantakan. Nah, bingung deh. Debug ke sana-sini cari kutu gak ketemu2. Gimana solusinya?

Baca entri selengkapnya »

Ditulis dalam ABAP | Tidak ada komentar »

SAP List Viewer (ALV)

Ditulis oleh yasirhn di/pada Februari 26, 2008

Kadang-kadang, user meminta dibuatkan report yang dinamis. Urutan kolomnya bisa diubah-ubah, bisa diurut berdasarkan kolom tertentu, bisa dijumlah, ada kolom yang dihilangkan, dan lain-lain. Di kasus lain, kadang kala permintaan dari user sering berubah. Baca entri selengkapnya »

Ditulis dalam ABAP | yang berkaitan: , | Tidak ada komentar »

Daftar Isi Buku ABAP

Ditulis oleh yasirhn di/pada Februari 16, 2008

Jumlah 167 halaman. Kira2 ukurannya 16 * 22 cm.
Daftar isi:
PENGENALAN SAP
MODUL-MODUL DALAM SAP
DATA DI SAP
LANDSCAPE SAP
TAMPILAN SAP
PEMBAGIAN PENGETAHUAN SAP
FUNCTIONAL
BASIS (ADMINISTRATOR)
ABAPER (PROGRAMMER) Baca entri selengkapnya »

Ditulis dalam ABAP, Buku ABAP | yang berkaitan: , | 8 Komentar »

2 Comments

  1. Entri Sebelumnya
    SAP BW

    Ditulis oleh yasirhn di/pada Juni 20, 2008

    Business Warehouse, arti mudahnya adalah gudang data. Gunanya apa? Ya sebagai tempat kumpulnya data.
    SAP memisahkan tempat data untuk transaksi dan tempat data untuk laporan dan analisa. Sebab, sangat beda sifat antara transaksi dan laporan/ analisa.
    Transaksi sifatnya harus cepat, karena ditunggu oleh konsumen. Sedangkan analisa, boleh saja lama. Dijalankan secara background, dan dilihat hasilnya besok pagi.
    Transaksi datanya harus realtime. Berapa discount barang di hari ini, berbeda dengan kemarin. Jadi, data transaksi adalah data di saat tersebut. Sedangkan analisa, sifatnya data historical.
    Mesin BW dipisahkan dengan mesin untuk transaksi. Karena kalau disatukan, bisa saling mengganggu. Report-report analisa bisa mengambil memori banyak karena data yang dianalisa banyak, dan bisa mengganggu performance untuk transaksi. Dan juga sebaliknya.
    Nah, trend ke depan adalah, ABAPer harus memahami SAP BW. Project BW juga udah mulai banyak. Karena kebutuhannya sekarang udah utk menganalisa data. Apalagi kalau sudah implementasi SAP CRM.

    Belajar BW tidak sulit. Karena sifatnya sama-sama teknis. Bisa dipelajari dengan mudah, dan logis. Walaupun environmentnya berbeda. Bedaa banget.

    Jadi, kalau functional minta buatkan report, baik di R/3 maupun di BW, kita bisa kerjakan.
    Mohon maaf, saya blum sempat buatkan buku utk BW. Do’akan saja biar cepet yah .. 🙂
    Selamat belajar SAP BW.

  2. wah, kaget.
    semua artikelku dicopy ke sini … he3x.
    oke, salam kenal. Semoga bermanfaat 🙂


Comments are closed.